HADITS MAQBUL: Maqbul menurut bahasa bererti yang diambil, yang diterima, yang dibenarkan. Sedangkan menurut urf Muhaditsin hadits Maqbul ialah:
Ertinya: "Hadits yang menunjuki suatu keterangan bahawa Nabi Muhammad SAW menyabdakannya."
Jumhur ulama berpendapat bahawa hadits maqbul ini wajib diterima. Sedangkan yang temasuk dalam kategori hadits maqbul adalah:
* Hadits sahih, baik yang lizatihi maupun yang ligairihi.
* Hadits hasan baik yang lizatihi maupun yang ligairihi.
Kedua jenis hadits tersebut di atas adalah hadits-hadits maqbul yang wajib diterima, namun demikian para muhaddisin dan juga ulama yang lain sependapat bahawa tidak semua hadits yang maqbul itu harus diamalkan, kerana terdapat hadits-hadits yang telah dihapuskan hukumnya disebabkan datangnya hukum atau ketentuan baru yang juga ditetapkan oleh hadits Rasulullah SAW.
Adapun hadits maqbul yang datang kemudian (yang menghapuskan) disebut dengan hadits nasikh, sedangkan yang datang terdahulu (yang dihapus) disebut dengan hadits mansukh. Disamping itu, terdapat pula hadits-hadits maqbul yang maknanya berlawanan antara satu dengan yang lainnya yang lebih rajih (lebih kuat periwayatannya). Dalam hal ini hadits yang kuat disebut dengan hadits rajih, sedangkan yang lemah disebut dengan hadits marjuh.
Apabila ditinjau dari segi kemakmurannya, maka hadits maqbul dapat dibahagi menjadi 2(dua) yakni hadits ma’mulun bihi (diterima dengannya) dan hadits gairu ma'mulin bihi (tidak boleh beramal dengannya).
1. Hadits ma’mulun bihi : adalah hadits yang dapat diamalkan apabila yang termasuk hadits ini ialah:
a. Hadits muhkam, iaitu hadits yang tidak mempunyai perlawanan
b. Hadits mukhtalif, iaitu dua hadits yang pada zahirya saling berlawanan tetapi mungkin dapat dikompromikan dengan mudah
c. Hadits nasih
d. Hadits rajih.
2. Hadits gaira makmulinbihi : Hadits gairu makmulinbihi ialah hadits maqbul yang tidak dapat diamalkan. Di antara hadits-hadits maqbul yang tidak dapat diamalkan ialah:
a. Hadits mutawaqaf, iaitu hadits muthalif yang tidak dapat dikompromikan, tidak dapat ditansihkan dan tidak pula dapat ditarjihkan
b. Hadits mansuh
c. Hadits marjuh.
Ertinya: "Hadits yang menunjuki suatu keterangan bahawa Nabi Muhammad SAW menyabdakannya."
Jumhur ulama berpendapat bahawa hadits maqbul ini wajib diterima. Sedangkan yang temasuk dalam kategori hadits maqbul adalah:
* Hadits sahih, baik yang lizatihi maupun yang ligairihi.
* Hadits hasan baik yang lizatihi maupun yang ligairihi.
Kedua jenis hadits tersebut di atas adalah hadits-hadits maqbul yang wajib diterima, namun demikian para muhaddisin dan juga ulama yang lain sependapat bahawa tidak semua hadits yang maqbul itu harus diamalkan, kerana terdapat hadits-hadits yang telah dihapuskan hukumnya disebabkan datangnya hukum atau ketentuan baru yang juga ditetapkan oleh hadits Rasulullah SAW.
Adapun hadits maqbul yang datang kemudian (yang menghapuskan) disebut dengan hadits nasikh, sedangkan yang datang terdahulu (yang dihapus) disebut dengan hadits mansukh. Disamping itu, terdapat pula hadits-hadits maqbul yang maknanya berlawanan antara satu dengan yang lainnya yang lebih rajih (lebih kuat periwayatannya). Dalam hal ini hadits yang kuat disebut dengan hadits rajih, sedangkan yang lemah disebut dengan hadits marjuh.
Apabila ditinjau dari segi kemakmurannya, maka hadits maqbul dapat dibahagi menjadi 2(dua) yakni hadits ma’mulun bihi (diterima dengannya) dan hadits gairu ma'mulin bihi (tidak boleh beramal dengannya).
1. Hadits ma’mulun bihi : adalah hadits yang dapat diamalkan apabila yang termasuk hadits ini ialah:
a. Hadits muhkam, iaitu hadits yang tidak mempunyai perlawanan
b. Hadits mukhtalif, iaitu dua hadits yang pada zahirya saling berlawanan tetapi mungkin dapat dikompromikan dengan mudah
c. Hadits nasih
d. Hadits rajih.
2. Hadits gaira makmulinbihi : Hadits gairu makmulinbihi ialah hadits maqbul yang tidak dapat diamalkan. Di antara hadits-hadits maqbul yang tidak dapat diamalkan ialah:
a. Hadits mutawaqaf, iaitu hadits muthalif yang tidak dapat dikompromikan, tidak dapat ditansihkan dan tidak pula dapat ditarjihkan
b. Hadits mansuh
c. Hadits marjuh.
No comments:
Post a Comment